Food
Makanan Tahun Baru Jepang, Osechi
2017-01-04 04:34:57
HIS Travel

Tahun baru merupakan hari yang dirayakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Di Jepang sendiri, tahun baru merupakan acara penting dan dirayakan secara meriah bersama seluruh keluarga. Di hari yang khusus dimana para anggota keluarga berkumpul, makanan yang disediakan juga istimewa. Makanan yang dimakan pada saat momen tersebut adalah Osechi Ryori.

Osechi Ryori, yang biasa disingkat dengan Osechi adalah sebutan untuk masakan istimewa yang disantap pada tahun baru di Jepang. Osechi bukanlah makanan yang dimasak di hari perayaan tahun baru, namun dimasak beberapa hari sebelumnya sehingga beberapa sajian yang menjadi bahan utama Osechi merupakan makanan yang cenderung kering.

Selain itu, di Jepang ada kepercayaan bahwa orang dilarang menyalakan api karena dewa api dipercaya akan marah apabila melihat orang memasak di hari tersebut, sehingga makanan yang ada dalam Osechi merupakan makanan yang tahan lama.

Makanan yang disajikan dalam Osechi berbeda tergantung daerah dan masing-masing keluarga. Makanan Osechi ditata dalam kotak kayu bersusun yang disebut jubako. Pada umumnya hanya lauk yang ditata di dalam kotak kayu bersusun yang bisa disebut masakan Osechi. Kotak kayu bersusun untuk masakan osechi dipercaya sebagai perlambang keberuntungan yang berlipat-lipat.

Secara tradisional, jubako untuk masakan osechi terdiri dari 5 susun, dengan kotak nomor lima sengaja dikosongkan dan tidak diisi makanan, sebagai simbol untuk menampung rezeki di tahun yang akan datang. Kini, kamu akan lebih sering menjumpai Osechi yang hanya terdiri dari 3 susun.

Makanan Osechi terdiri dari warna yang beragam, dengan rasa manis, asin dan masam digabung menjadi satu. Makanan yang ada di dalam Osechi masing-masing memiliki makna yang berbeda. Secara tradisional, Osechi terdiri dari O-toso, yaitu sake untuk kesehatan yang diminum di pagi hari awal tahun. Kemudian, ada Iwaizakana, yaitu tiga macam makanan untuk teman minum sake.

Kemudian Soni, yaitu sup berisi mochi, dan yang terakhir adalah Nishime, yaitu sayur-sayuran yang dimasak dengan kuah dashi, kecap asin, dan mirin.

Di zaman sekarang, Osechi sering diartikan sebagai makanan mewah untuk tahun baru. Makanan Osechi bukan saja berupa makanan khas Jepang yang dimasak dengan kecap asin, gula atau mirin, tapi bisa juga berupa makanan Barat dan makanan Cina.

Masakan Osechi ala Barat disebut Seiyo-osechi, sedangkan masakan Osechi ala Cina disebut chufaku-osechi.

Berbeda dengan zaman dulu di mana setiap keluarga di Jepang merupakan keluarga besar, saat ini keluarga Jepang modern hanya terdiri dari beberapa orang, sehingga isi dari Osechi bisa disesuaikan dengan makanan kesukaan anggota keluarga.

Kalau tidak mau repot memasak Osechi sendiri, Osechi juga dapat dipesan, lho. Osechi bisa dipesan di toko swalayan, rumah makan, dan toko kelontong. Selain itu, di supermarket juga banyak dijual chestnut, Tazukuri dan Kobumaki pada saat menjelang tahun baru. Selain itu, hotel-hotel di Jepang juga biasanya menyediakan menu all you can eat Osechi.

Menghabiskan tahun baru di Jepang, kenapa tidak?

Selamat mencoba...

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia