People & Culture
Jalan-jalan Mudah dengan JR PASS
2015-08-24 10:02:06
HIS Travel

Apa kamu pernah merasa kesulitan ketika kamu ingin menaiki Kereta di Jepang? Bagi kamu yang datang mengunjungi Jepang untuk jangka waktu tertentu, menggunakan pass untuk sarana transportasi sangat disarankan mengingat mahalnya biaya transportasi di sana. Ada berbagai macam pass yang bisa digunakan selama di Jepang yang harus disesuaikan dengan rute perjalananmu. Kamu harus menghitung semua biaya transportasi selama berada di sana kemudian pilih pass yang akan digunakan. Tentunya kamu tidak mau semua budget-mu habis hanya untuk biaya transportasi saja, bukan?


Terutama untuk kamu yang ingin berjalan-jalan ke berbagai kota di Jepang dengan kereta. Cara terbaik untuk menghemat budget adalah menggunakan Pass. Jepang sendiri telah menyediakan Pass yang khusus untuk para wisatawan luar negeri, yaitu Japan Rail Pass, yang disingkat JR Pass. JR Pass merupakan cara paling ekonomis untuk perjalanan mengelilingi Jepang dengan kereta.


JR Pass adalah tiket khusus yang berlaku untuk wisatawan dari luar negeri yang mengunjungi Jepang untuk wisata. Ketentuan pengguna JR Pass adalah sebagai berikut : 

  • Wisatawan Asing yang Datang ke Jepang untuk Wisata dengan Status sebagai Pengunjung Sementara

Berdasarkan undang-undang imigrasi Jepang, wisatawan asing dengan status “pengunjung sementara” diperbolehkan untuk tinggal di Jepang selama 15 sampai 90 hari dengan tujuan wisata atau lain-lain. Kalau kamu mengajukan permohonan visa untuk wisata ketika masuk Jepang, petugas imigrasi akan mencap paspor sebagai “pengunjung sementara”. Hanya paspor yang ada cap tersebut yang dapat menggunakan JR Pass.

  • Orang Jepang yang Tinggal di Negara Luar
  1. Orang Jepang yang memenuhi syarat untuk tinggal secara permanen di negara tersebut, atau
  2. Orang Jepang yang menikah dengan non-Jepang yang tinggal di negara luar selain Jepang.

Note :

Orang Jepang yang berada dalam kondisi di atas perlu menunjukkan voucher JR Pass pada tempat pembelian JR Pass yang sama.

Harga dan Tipe JR Pass


Ada dua macam Japan Rail Pass, yaitu: Green dan Ordinary. Masing-masing dari tipe tersebut tersedia dalam 3 durasi; 7 hari, 14 hari, dan 21 hari. Namun ada beberapa batasan, yaitu JR Pass baik yang Ordinary maupun Green tidak berlaku untuk kereta “NOZOMI” dan “MIZUHO”, yaitu jalur Tokaido, Sanyo dan Kyushu.
JR Pass dapat kamu beli di seluruh cabang HIS Tours & Travel Indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar). Untuk lebih lengkapnya bisa kamu cek di sini.


Cara Menggunakan JR Pass

  • Beli

HIS menyediakan layanan pembelian JR Pass. Kamu akan mendapatkan voucher yang nanti akan ditukarkan menjadi tiket fisik ketika sudah sampai di Jepang.

Note :

kamu tidak dapat membelinya ketika sudah sampai di Jepang. Kamu harus membeli sebelum berangkat ke Jepang.

  • Tukarkan

Setelah sampai di Jepang, kamu dapat menukarkan voucher tersebut di kantor penukaran di Jepang. Kamu harus menunjukkan voucher dan parpor untuk mendapatkan JR pass (Harap dicatat jam operasional dan hari libur kantor penukaran JR Pass)

  • Gunakan

Waktunya menggunakan JR Pass! JR Pass dapat digunakan untuk kereta Shinkansen “Bullet Train” yang dioperasikan oleh JR Group seperti; Limited Express Trains, Express Trains, Tokyo Monorail, kereta lokal, termasuk Feri dan Bus

Masa Berlaku Japan Rail Pass


Japan Rail Pass tidak hanya digunakan untuk kereta, tetapi juga dapat kamu gunakan untuk menaiki Feri dan Bus yang dioperasikan oleh JR Group.

  • Kereta 

Semua JR Group – kereta – Shinkansen “Bullet Train” (kecuali kereta Nozomi baik yang ordinary maupun green)
Kereta Limited Express
Kereta Express
Kereta Lokal (dengan beberapa pengecualian)

  • Bus

Jalur lokal perusahaan JR Bus (JR Hokkaido Bus, JR Bus Tohoku, JR Bus Kanto, JR Tokai bus, west Japan JR Bus, Chugoku JR bus, JR Shikoku Bus, JR Kyushu bus) dan beberapa JR highway.

  • Feri

Hanya melayani JR Miyajima. JR Hakata- Pusan (Korea Selatan) tidak bisa.

Note :

Japan Rail Pass tidak berlaku untuk semua kursi, baik yang sudah maupun yang belum dipesan untuk kereta NOZOMI pada jalur Tokaido dan Sanyo Shinkansen. (Pemegang JR PASS harus menggunakan kereta HIKARI atau KODAMA) Jika Anda menggunakan NOZOMI, Anda harus membayar basic fare dan harga kereta limited express, dan Green Car surcharge jika anda menggunakan Green Car. Perhatikan juga bahwa penumpang yang menggunakan kereta JR di jalur non-JR harus membayar biaya tambahan dan charge untuk masing – masing jalur yang digunakan.


Kehilangan atau Pencurian Voucher JR Pass


Tidak akan ada pencetakan ulang atau pengembalian voucher yang hilang atau dicuri. Dalam kasus tersebut, kamu harus mengisi “laporan kehilangan” dan harus dikembalikan secepatnya ke Kinki Nippon Tourist Co.,Ltd desertai dengan tanda tangan orang yang bertanggung jawab atas voucher tersebut.

Semoga bermanfaat.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

http://jrpass.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia