Jepang
Indahnya Akuarium Malam di Hakkeijima Sea Paradise
2017-01-09 08:09:42
HIS Travel

Apa yang ada dalam benak para sahabat travel jika diberikan kata kunci “kegiatan di luar saat malam hari?”

Mungkin di antara sahabat travel ada yang menjawab hanya guling-guling di kamar sambil main game atau menonton TV, hang out dan nongkrong bersama teman, date bareng pacar ke kafe atau objek wisata yang lagi nge-hits, menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, dan masih banyak lagi. (mohon maaf jika masih ada kegiatan lain yang belum disebutkan di sini karena terbatasnya space ^^)

Dari sekian banyak alternatif kegiatan malam di luar, adakah di antara para sahabat travel punya ide untuk mencoba jalan-jalan ke akuarium?

...Akuarium? Memang apa sih istimewanya akuarium di malam hari?

Jika sahabat travel punya rencana traveling ke Jepang musim dingin ini atau sedang mengumpulkan referensi destinasi wisata di Jepang, cobalah mengunjungi Aqua Museum yang berada di dalam arena theme park Hakkeijima Sea Paradise. Sesuai dengan namanya, theme park yang berlokasi di Hakkeijima, Yokohama ini merupakan surga aneka makhluk laut. Sahabat travel bisa berjumpa dan bermain dengan berbagai penghuni laut seperti lumba-lumba, dugong, anjing laut,ubur-ubur, dan masih banyak lagi.

Aqua Museum sendiri adalah salah satu dari empat akuarium yang dimiliki oleh Hakkeijima Sea Paradise. Selama musim dingin ini, Aqua Museum akan terasa lebih istimewa dengan hadirnya event Paradise of Night Aquarium~Paradise of Night Aquarium~The Amazing Aquarium with Spectacle Lights yang mengolaborasikan pertunjukan para makhluk laut bersama suara, cahaya, dan video mappingyang memukau di malam yang gelap.

Penulis sendiri sudah datang mencoba melihat langsung keindahan akuarium versi malam ini beberapa minggu yang lalu saat acara pembukaan event. Karena di zaman sekarang ada istilah no picture = hoax, yuk dicek dulu foto-foto liputannya di bawah ini!

Gambar 1 Stasiun Hakkeijima, stasiun terdekat untuk menuju Hakkeijima Sea Paradise.

Tiba di Hakkeijima Station setelah satu jam perjalanan dari Shinjuku di Tokyo, penulis bersama rekan lainnya langsung menuju arena theme park yang dibuka pada tahun 1993 ini. Hakkeijima sendiri sebenarnya adalah pulau buatan hasil reklamasi. Untuk mencapainya, hanya perlu menyeberangi jembatan yang menghubungkan daratan utama dan pulau.

Gambar 2 Tangga Stasiun Hakkeijima yang dihiasi oleh mural makhluk laut yang lucu dan penuh warna siap menyambut kedatangan sahabat travel.

Gambar 3 Welcome to Sea Paradise!

Gambar 4 Jembatan menuju Hakkeijima Sea Paradise

Acara pembukaan event sendiri berlangsung di depan Bay Market yang menghadap ke arah Aqua Museum dengan pertunjukanvideo mapping“sky light magic” yangmengisahkan hadiah natal istimewa untuk orang yang berharga.

Gambar 5 Persiapan pembukaan "Paradise of Night Aquarium~The Amazing Aquarium with Spectacle Lights" di area Bay Market. Sebelah kiri foto adalah Aqua Museum tempat diproyeksikannya video mapping.

Kolaborasi musik dan video mapping memang indah, tapi secara pribadi ada yang kurang greget karena sejak awal datang memasang ekspektasi terlalu tinggi bakal melihat video mapping yang berkilauan dan megah.

Selesai menyaksikan pertunjukan video mapping, penulis dan penonton lain pun bergerak menuju Aqua Museum untuk merasakan keseruan akuarium malam yang menghadirkan atmosfer berbeda jika dibandingkan siang hari.

Gambar 6 Atap Aqua Museum yang diterangi proyeksi video mapping saljudan lampu hias berwarna biru menyambut datangnya musim dingin.

Gambar 7 Let’s enjoy night at aquarium! *Fyi, foto ini diambil setelah keliling melihat isi akuarium*

Melihat tampilan luar bangunan yang ada di gambar atas, apa yang sahabat travel bayangkan? Kalau penulis jadi teringat film Night at The Museum yang dibintangi oleh Ben Stiller dan Robin Williams. Seperti di film tersebut, mungkin di Aqua Museum ini juga bisa bicara dan merasakan petualangan seru bersama para makhluk laut hehe.

Gambar 8 “Hajimari no Ki” (Tree of Beginnings). *Foto diambil saat pertunjukan cahaya belum berlangsung*

Setelah masuk ke dalam area aquarium, sebatang pohon hias dengan tinggi 5,5 meter yang diterangi oleh lampu hias akan menyambut datangnya tamu. Pohon yang dinamakan “Hajimari no Ki” (Tree of Beginnings) ini akan memulai pertunjukan cahaya bertema kelahiran makhluk hidup di permukaan bumi setiap jamnya saat jarum panjang menit menunjukkan angka lima belas.

Pertunjukan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Aqua Museum di malam hari adalah “Super Iwashi Illusion”. Iwashi sendiri adalah nama ikan yang biasa dijumpai di perairan Jepang dan memiliki karakteristik berenang bersama kelompoknya. Gerakan sinkron ikan ini saat berenang bersama kelompoknya memang terlihat indah dan estetis seperti tarian.

Gambar 9 Akuarium besar tempat pertunjukan Super Iwashi Illusion berlangsung. Efek cahaya dan musik latar yang mengiringi ‘tarian’ ikan iwashi akan memberikan pengalaman berbeda yang tak bisa dirasakan di akuarium saat siang hari. Selain ikan iwashi, ada juga ikan lain seperti pari dan kawan-kawan laut lainnya (maafkan penulis tidak tahu nama ikan lainnya)

Di ruang yang sama tempat akuarium besar berada terdapat lampu hias gantung dengan nama “Chandelier of Evolution” yang menjuntai tinggi dari lantai atas. Dinamakan demikian karena temanya adalah menggambarkan proses evolusi para makhluk laut dari zaman purba hingga kini. Penulis sendiri terkesan dengan lampu hias ini karena artistik dan warnanya berubah-ubah sehingga tidak memberikan kesan monoton.

Gambar 10 Chandelier of Revolution

Selesai menyaksikan pertunjukan “Super Iwashi Illuminasion” yang berlangsung sekitar 5 menit dan foto-foto, penulis pun bergerak menuju ke dalam area akuarium tempat berbagai jenis makhluk laut berada. Penerangan di dalam akuarium dibuat sedikit lebih gelap daripada siang hari sehingga memunculkan atmosfer yang berbeda.

Gambar 11 Aqua Tube~Sea Trip~Menembus dasar akuarium dengan terowongan. Terowongannya tidak begitu panjang, tapi cukup memberikan pengalaman seru seolah sedang berjalan dikelilingi oleh ikan-ikan. Setelah melewati terowongan ini, sahabat travel bisa berjumpa dengan aneka makhluk lautyang dikelompokkan berdasarkan tema-tema tertentu. 

Gambar 12 Salah satu jenis ikan yang penulis tidak tahu namanya dan ubur-ubur yang menjadi koleksi Aqua Museum. Tentunya foto di atas hanya sebagian kecil dari aneka makhluk laut yang ada di akuarium.

Oh iya hampir terlewatkan, Aqua Museum ini tidak hanya sekadar akuarium biasa, tapi juga ada teater tempat pemutaran film dan pertunjukan lumba-lumba. Secara pribadi, akuarium ini cocok untuk berbagai kalangan dan tujuan. Dari anak-anak sampai dewasa, dari hanya sekadar mencari hiburan dan hal menarik sampai edukasi, semua OK!

Gambar 13 Night at Aquarium~Kelihatan tidak ada orang, tapi sebenarnya ada banyak kok. Hanya cari timing yang pas untuk foto tanpa orang hehe.   

Gambar 14 Suasana akuarium tempat aneka ikan, hiu (kurang kelihatan di foto ini tapi ada), dan kura-kura berenang bersama. Meski berbeda dan beragam jenisnya, sepertinya mereka hidup rukun (loh?).

Pertunjukan lumba-lumba di Aqua Museum ini diadakan juga saat malam hari selama event “Paradise of Night Aquarium~Paradise of Night Aquarium~The Amazing Aquarium with Spectacle Lights”. Karena show diadakan di area terbuka di musim dingin, sahabat travel sebaiknya mempersiapkan pakaian tebal agar tidak kedinginan. 

Gambar 15 Aqua Stadium yang berada di lantai 4 Aqua Museum tempat berlangsungnya pertunjukan lumba-lumba. Foto diambil setelah selesai pertunjukan dan semua orang bubar.

Gambar 16 Saat pertunjukan berlangsung. Di tengah ada lumba-lumba dan instrukturnya sedang menyapa penonton.

Setelah selesai mengelilingi Aqua Museum, penulis mengunjungi souvenir shop yang berada tepat di bagian pintu keluar. Ada banyak souvenir orisinal yang menarik, lucu, dan menggemaskan.

Gambar 17 Foto panorama souvenir shop yang berada di luar Aqua Museum. Cukup luas dan ada banyak souvenir yang cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Gambar 18 Shirotan, karakter orisinal Aqua Museum yang lucu dan menggemaskan. Sepertinya enak kalau dijadikan guling buat tidur hehe. Foto atas adalah versi normal dan bawah adalah versi menyambut natal.

Nah, demikian hasil liputan dari Aqua Museum Hakkeijima Sea Paradise. Event “Paradise of Night Aquarium~The Amazing Aquarium with Spectacle Lights” sendiri berlangsung sampai 28 Februari 2017. Jangan lupa ajak pacar, teman, sahabat keluarga, dan semuanya ke sini jika berencana mengunjungi Jepang, tapi sedang bingung membuat itinerary.

 

INFO PLUS PLUS

Selain mengunjungi Aqua Museum, masih ada banyak wahana menarik yang bisa dikunjungi di Hakkeijima Sea Paradise. Ada wahana bermain seperti jet coaster, aqua ride, dan lainnya. Sahabat travel juga bisa bermain bersama para makhluk laut di wahana Fureai Lagoon dan Sea Farm.

Penulis sendiri belum sempat menjelajahi semua hal yang menarik di Hakkeijima Sea Paradise karena keterbatasan waktu dan tujuan utamanya adalah mengunjungi Aqua Museum di malam hari (hiks).

Gambar 19 Foto ilustrasi bermain bersama anjing laut di Fureai Lagoon. Kata “Fureai” sendiri adalah kosakata bahasa Jepang yang memiliki arti “berinteraksi atau bergaul”.

Gambar 20 Salah satu transportasi di dalam Hakkeijima Sea Paradise, Sea Train dengan latar belakang carousel.

Gambar 21 Foto panorama Wahana Surf Coaster Leviathan yang menghadap ke arah laut. *Sudah berapa tahun ya tidak naik lagi jet coaste? Sudah takut haha (curhat penulis)*

Gambar 22 Jika cuaca sedang cerah, sahabat travel bisa menyaksikan senja yang indah dan matahari yang terbenam sempurna. 

 

INFORMASI LOKASI

YOKOHAMA HAKKEIJIMA SEA PARADISE

http://www.seaparadise.co.jp/english/

Hakkeijima, Kanazawa-ku, Yokohama, Japan 236-0006

 

ACCESS

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://www.hisgo.co.id/Contents/OptionalTour/DetailOptionalTour.aspx?lang=en&TourCd=TYO0833

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia