Food
Sushi, Makanan Jepang yang Mendunia
2015-08-19 09:05:11
HIS Travel

Siapa sih yang tidak mengenal makanan sushi. Makanan asal Jepang ini sangat populer bahkan di berbagai penjuru dunia. Sushi dikenal karena kelezatan dan bahan alaminya. Makanan Jepang ini terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, telur, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui oleh campuran cuka beras, garam dan gula. Sushi dimakan bersama dengan shoyu (kecap asin) dan wasabi untuk menambah kelezatannya.

Sushi pada umumnya digolongkan berdasarkan bentuk nasi, antara lain nigirizushi, makizushi, oshizushi, chirashizushi, inarizushi dan narezushi.

Nigirizushi

Nigiri berarti mengepalkan tangan. Jenis sushi ini sangat populer dan mendunia sebagai salah satu jenis makanan terindah di dunia. Sesuai dengan namanya, sushi jenis ini dibuat dengan cara mengepalkan bahan dengan tangan. Bentuknya bulat mengikuti kepalan tangan dan ukurannya pun biasanya sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Makizushi

Sushi jenis ini mempunyai ciri khas yaitu adanya nori atau rumput laut yang sudah berbentuk lembaran dan digunakan sebagai pembungkus sushi. Sesuai namanya yang berarti dililit atau digulung, Makizushi adalah sushi yang berupa gulungan nasi berisi potongan mentimun, tamagoyaki dan neta lainnya yang dibungkus lembaran nori. Nashi digulung dengan bantuan sudare (anayaman bambu berbentuk persegi panjang).

Oshizushi

Oshizushi adalah sushi berbentuk kotak yang dibuat dengan menggunakan cetakan khusus. Setelah selesai dibentuk, sushi ini dipotong-potong menjadi ukuran sekali suap agar mudah dinikmati. Sushi ini merupakan makanan khas dari daerah Kansai. Ada juga oshizushi yang dibungkungkus dengan daun bambu lalu di pres untuk beberapa waktu, antara beberapa jam sampai satu malam.

Chirashizushi

Sushi jenis ini disajikan di atas piring atau mangkuk tanpa dibentuk terlebih dahulu. Nasi sushi dimakan bersama neta berupa makanan laut yang mentah ataupun yang matang dan sayur-sayuran yang dipotong kecil-kecil, ada juga telur dadar. Di daerah-daerah tertentu ada yang menghias chirashizushi dengan buah-buahan.

Inarizushi

Berbeda dengan makizushi yang dibungkus dengan nori, Imarizushi menggunakan aburage (kulit tahu) sebagai pembungkusnya. Sebelum diisi nasi, aburage diproses terlebih dahulu dengan dimasak bersama kecap asin dan gula sehingga rasa dari sushi ini agak manis. Inarizushi tidak berisi ikan atau lauk lain karena aburage sudah merupakan sumber protein.

Narezushi

Sushi ini adalah sushi seperti di zaman kuno yang sushinya difermentasikan. Bukan hanya lauknya yang difermentasi, tetapi juga bersama dengan nasinya. Adapula narezushi yang ditambah ragi untuk mempercepat fermentasi.

Di Jepang, selain sashimi dan shabu-shabu, sushi adalah salah satu makanan mahal di Jepang. Rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk merayakan acara-acara khusus, dan terbatas pada sushi pesan-antar. Tetapi, karena semakin banyaknya penikmat sushi, pada tahun 1958, telah dibuka kedai makan kaitenzushi yang pertama di Osaka. Seiring dengan semakin meluasnya kaitenzushi pada tahun 1980-an memberikan pengaruh kepada makanan sushi menjadi semakin merakyat dengan harga yang semakin murah meriah.

Kaitenzushi merupakan tempat makan sushi dengan half-service di mana para pengunjung dapat memilih sushi mereka sendiri. Sushi-sushi ditempatkan dalam piring kecil berbagai warna yang berputar di atas conveyor belt. Harga dibedakan sesuai dengan warna piring (ada juga kedai Kaitenzushi yang menggunakan harga sama rata). Setiap piring biasanya berisi 2 buah sushi. Setelah makan, pelayan akan menghitung porsi sushi yang kamu makan melalui jumlah dan warna piring yang telah kamu ambil.

Sekarang ini, kebanyakan kaitenzushi menyediakan 2 tipe tempat duduk, yaitu tempat duduk meja dan konter. Kalau kamu penasaran dengan cara pembuatan sushi, lebih baik kamu memilih duduk di konter. Tetapi kalau kamu makan sushi beramai-ramai dengan keluarga atau teman, akan lebih nyaman jika menggunakan meja.

Di negara selain Jepang, sushi berkembang secara unik dimana masing-masing menunjukkan budaya makanan negara tersendiri ke dalam sushi. Di Indonesia sendiri, makanan sushi saat ini mudah dijumpai di kota besar manapun, dan penikmatnya juga semakin meningkat. Namun, kalau ingin makan sushi langsung di negeri asalnya, dijamin kamu akan merasa lebih puas.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia